Jumat, 30 Juni 2017

TV Sharp Alexander 21" Tiba - tiba mati sendiri.

Pengalaman Pribadi :

TV  Sharp Alexander 21'
Saudara saya datang membawa TV 21" merk Sharp Alexanader dari Kota untuk mbah nya yg  tinggal di suatu desa.
Bukan TV baru tapi bekas dia pakai sendiri. Dia bilang TV nya klau di setel suka mati sendiri, minta tolong untuk diperbaiki.

Sebelum saya buka saya coba dulu menyalakan TV nya untuk melihat jenis kerusakan nya.
Ternyata benar, setelah kurang lebih 1 jam TV nya mati sendiri disertai lampu LED merah nya juga ikut mati. Ini pasti di bagian Regulator nya yg bermasalah.

Langsung saja saya buka tutup belakang TV nya.
Saya buang dulu muatan tegangan sisa di bagian Elco tegangan tinggi nya menggunakan lampu pijar 5W. Setelah yakin sisa tegangan sudah tidak ada lagi saya bersihkan dulu permukaan PCB nya dari debu sampai bersih menggunakan kuas . Baru mulai mengecek langsung di bagian Regulator TV tsb.

Saya cek dulu Elco mengunakan alat pengukur elco tanpa melepas elco nya dr PCB. Ter nyata dari hasil pengukuran ditemukan 2 buah elco yg dalam kondisi kering, ( jarum meter nya tak bergerak/bergerak sedikit ). Nilai dari kedua elco tsb adalah 1 micro farad dan 47 micro farad.Langsung saya ganti kedua elco tsb dengan elco yang baru. 

Setelah yakin kedua elco tersebut terpasang dengan benar saya mencoba untuk mencoba menyalakan TV nya. Jreeng,,,TV mau menyala. Saya tunggu sampai 1 jam lebih. Tiba2 TV nya mati dengan kondisi seperti semula, Led merah indikator nya ikut mati. Saya ukur tegangan 115V nya hanya ter ukur kurang dari 5V.

Saya cabut kabel AC nya, terus saya ukur TR Horisontal nya menggunakan Ohm meter. Ternyata bagus tidak ada konsleting di bagian Horisontal nya. Ini pasti masih di bagian Regulator nya yg nasih belum beres,

Saya coba ganti STR  W6754 nya dengan yang baru. Setelah terpasang dg rapi saya coba nyalakan TV nya lagi. Jreng nyala....saya tunggu sampai 2 jam lebih TV nyala terus. Saya coba nyalakan terus sampai 4 jam. Sukses TV nya tidak mati sendiri lagi.☺☺









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog Saya, Silahkan Berkomentar Dengan Sopan "