Jumat, 30 Juni 2017

TV TCL 14" lampu Led warna merah nyala sebentar. Gambar gelap.

Kemarin ada seorang ibu datang bersama anak gadis nya naik motor membawa TV 14".
TV nya di bungkus menggunakan kain penutup meja. 
Kebetulan saya ada di depan rumah, langsung saya bantu menurunkan TV yg di pangku anak gadis tsb langsung saya buka kain pembungkus nya.

Ternyata merek TV nya TCL 14" warna silver. Saya bawa masuk TV nya, dan juga saya persilahkan masuk ibu dan anak gadis nya.

Saya persilahkan duduk. Setelah mereka berdua duduk saya tanya keluhannya. Ibu tersebut bilang waktu sedang di setel tiba2 TV nya mati sendiri. Di coba di nyalakan tapi tak berhasil.

Terus saya mencoba untuk menyalakan TV tersebut. Saya hubungkan ke listrik, terus saya tekan saklar push on nya. 
Terlihat saat di tekan saklar nya lampu led warna merah nyala sebentar terus langsung mati.

Saya perkirakan kerusakan ada di bagian Horisontal dan Regulator nya. ( ada bagian yg terhubung singkat / konsleting ). 
Saya bilang ke ibu klau TV nya masih bisa diperbaiki tapi tidak bisa jadi sekarang sehubungan saya masih tanggung sedang meperbaiki TV yg lain, dan TV si ibu harus di tinggal dl. Si ibu setuju. 

Saya minta No HP nya untuk laporan kalau TV nya sudah jadi nanti. Si ibu dan anak nya langsung pamit pulang.
Ke esok hari nya saya buka TV TCL nya. Saya bersihkan dulu permukaan PCB nya dari debu menggunakan kuas.

Saya langsung cek di bagian TR Horisontal nya. Saya ukur menggunakan Ohm meter x1. Saya ukur kaki Kolektor dan Emitor nya.
Dari hasil pengkuran saya ternyata dugaan saya benar, TR horisotal nya terhubung singkat ( konslet ).
Langsung saya lepas TR horisontal nya.

Setelah saya lepas TR nya saya ukur lagi bagian Kolektor dan Emitor TR tersebut untuk meyakin kan lagi bahwa TR nya benar2 rusak. Ternyata memang benar rusak.
Terus saya ambil lampu 5W yg sudah saya kasih kabel di kedua kutub nya, saya hubungkan ke bagian kaki  Elco 100uf / 160V dengan cara di solder.

Saya coba nyalakan TV nya. Lampu 5W nyala sangat terang sekali. Saya ukur tegangan di kaki elco 100 micro tersebut ter ukur 200V ( harus nya hanya 115V tegangan normal nya ). Langsung saya cabut hubungan ke listrik nya. 
Saya lepas lampu 5W nya terusa saya gunakn untuk membuang tegangan sisa di bagian elco 220uf/400V.

Setelah yakin tak ada lagi tegangan yang tersisa  saya mulai menggunakan alat pengukur elco di bagian Regulator. Saya ukur semua elco di bagian Regulator. 
Saya temukan ada 2 buah elco yg kondisi nya sudah menyusut nilai nya. Kedua elco tersebuat adalah 10uf/100V dan 33uf/50V. Langsung saya lepas kedua elco tersebut dan saya ganti dengan elco yang baru.

Setelah kedua elco tersebut terpasang dengan benar dan sempurana saya pasangkan lagi lampu 5W ke kaki elco 100uf/160V. Terus saya coba nyalakan lagi TV nya. Dan jreeng, lampu 5W nyala normal, saya ukur tegangan di kaki elco 100uf/160V ter ukur 115V. Berarti tegangan sekarang sudah berhasil di perbaiki.

TR Horisontal saya pasang lagi diganti dengan TR yang baru. Se4telah terpasang saya nyalakan TV nya. Tara....TV nya nyala normal. Saya tunggu TV nya sampai 2 jam nyala. TV saya matikan.
TR Horisontal nya saya pegang, tersasa hangat normal, langsung saya tutup TV nya. 

Sukses .....
Tinggal SMS sama si ibu pemilik TV.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" Terima Kasih Telah Berkunjung ke Blog Saya, Silahkan Berkomentar Dengan Sopan "